Cari tutorial

Cloudflare

Pengertian

Cloudflare adalah salah satu CDN (content delivery network) yang bisa menjadikan website anda lebih cepat loading speednya. Sebetulnya fungsi utama CDN ini untuk pengamanan website, pertahanan pertama dari serangan hacker, DDOS attack juga perlindungan dari ancaman lainnya. Proses penyimpanan data website milik anda di data center nya juga berpengaruh positif terhadap banyak hal selain keamanan dan kecepatan.

Cara kerja Cloudflare

cloudflare

Melindungi dan mempercepat situs web secara online. Saya anggap website anda terdaftar dan sudah berada pada server cloudflare, semua akses menuju website terlebih dahulu melalui CDN awan tersebut. CDN cld secara otomatis mengoptimalkan pengiriman data halaman web sehingga menjadi lebih cepat dengan performa sangat baik.

CDN ini juga memblokir ancaman dan membatasi bot serta “crawler” yang kasar boros bandwidth,  sumber daya server website anda. Hasil yang anda peroleh sudah tentu peningkatan kualitas kecepatan ditambah pengurangan spam dan ancaman secara signifikan.

Manfaat

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang anda dapatkan dari memasang cloudflare, seperti :

  • Keamanan => Setiap serangan yang menuju website anda harus melalui cloudflare terlebih dahulu.
  • Kecepatan => Data center cloudflare yang tersebar di berbagai negara, mempercepat pengambilan data bagi visitor yang berlokasi jauh dari server website anda, tapi dekat dengan data center cloudflare.
  • Server tidak mudah tumbang => Server website anda menjadi lebih tangguh. Hal ini disebabkan pembagian beban server.
  • Gratis => Fitur layanan gratis sudah cukup layak untuk melindungi dan mempercepat website anda.
  • Sertifikat ssl gratis => Memberikan sertifikat ssl (https) gratis untuk website anda, dari versi full hingga fleksibel / otomatis memunculkan https jika dibutuhkan.

Permasalahan seputar cloudflare

Beberapa orang menyebut kekurangan, lebih tepatnya permasalahan yang mungkin terjadi, karena tidak semua mengalaminya.

  • Eror 502, 504 dan 522 => jenis eror ini macam2 penyebabnya, sebaiknya dikomunikasikan, meminta bantuan pihak hosting server, karena bisa saja disebabkan server tidak terkonfigurasi dengan benar. Bisa juga mencari solusi di forum komunitas, browsing lewat google.
  • Update konten terutama yang bersifat statis tidak langsung muncul dan terlihat oleh pengunjung. Anda harus melakukan purge cache setelah selesai update konten.
  • Terkadang ip server website anda berubah, bisa disebabkan perubahan kebijakan dari server maupun dikarenakan server terkena serangan misalnya DDOS attack. Hal ini sering tidak disadari oleh pemilik website sehingga situs webnya down berhari2, lebih parahnya berminggu2, karena ketidak cocokan dengan ip server yang terdaftar pada cloudflare terdahulu.
  • Sistem keamanan terlalu ketat yang ditentukan pemilik website memang sangat membantu mengurangi resikoterkena serangan. Namun sistem keamanan yang demikian juga berimbas kepada pengunjung yang terkadang ikut ter block, terkadang juga wajib memasukan captcha keamanan sebelum masuk. Oleh karena itu pengaturan keamanan perlu anda tinjau ulang.

Cara mendaftarkan dan menggunakan Cloudflare

Cara mendaftarkan situs web pada cloudflare bisa dilakukan dengan cara manual, bisa juga dengan cara otomatis. Cara otomatis yang dimaksud sangat tergantung server hosting dimana anda menyimpan website. Jika perusahaan server website anda terdaftar sebagai partner cloudflare maka pengaturan akan sangat mudah. Lain hal nya jika server hosting website anda bukan partner dari cloudflare, maka diperlukan usaha yang sedikit rumit (sebenarnya mudah).


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?