Cari tutorial

Dedicated Server

Pengertian

Dedicated Server adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah server secara penuh kepada hanya satu buah akun penyewa. Artinya, jika anda memutuskan untuk membeli (sebenarnya hanya menyewa) sebuah layanan hosting dedicated server, maka anda akan mendapatkan akses sepenuhnya terhadap sebuah server.

Kelebihan

Akses penuh, itulah kelebihan utamanya. Anda bisa menentukan sistem operasi, spesifikasi hardware server, dan pengaturan-pengaturan lain yang biasanya dibatasi pada tipe hosting yang lain.

Kalau ternyata kita bukan orang yang advance-advance banget untuk urusan ini, jangan khawatir, biasanya perusahaan web hosting penyedianya masih akan memberikan dukungan untuk hal-hal yang terkait, seperti penginstallan dan sebagainya.

Anda akan mendapat prioritas, karena memang harga dedicated server itu lebih mahal dari pada yang shared server. Bisa dibilang ini layanan premium, maka jangan heran kalau provider akan memberi lokasi dan data center khusus untuk layanan hosting yang satu ini.

Kekurangan

Hampir tidak ada, kecuali bahwa harganya relatif mahal. Cukup sepadanlah dengan segala ‘kuasa’ yang anda dapatkan. Selain itu, butuh pengguna yang tidak gagap untuk mengelolanya.

Semua masalah yang berkait dengan website anda, harus ditangani sendiri. Ini kadang diperlukan, karena data yang bersifat rahasia atau terlalu sensitif untuk ditangani orang luar.

Anda tidak hanya harus menguasai skill pengelolaan website, tapi juga hardware-nya, OS-nya, sistem keamanannya, jaringannya, sampai database.

Siapa yang memerlukan dedicated server

Tidak semua orang butuh layanan sebagus, sebesar, dan semahal ini. Biasanya, layanan hosting dedicated server ini digunakan oleh perusahaan besar dengan database yang juga sangat besar dengan pengelolaan yang kompleks.

Untuk blogger biasa, layanan VPS dan shared hosting itu sudah cukup.


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?