Cari tutorial

ICANN

ICANN merupakan kependekan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers.

Jika kita ingin mengunjungi suatu halaman yang ada di internet, kita akan mengetikkan suatu nama atau suatu angka tertentu. Nama dan angka ini harus unik sehingga kitra dapat menemukan halaman tersebut secara akurat.

ICANN melakukan koordinasi dan pengoraganisasian dalam menangani nama dan nomor yang unik ini sehingga membuat suatu internet global. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ICANN silahkan mengunjungi www.icann.org .

Secara teknis ICANN mengelola fungsi (function) dari Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

IANA sendiri meliputi

  1. Perancangan protokol Address and Routing Parameter Area (ARPA ) top-level domain
  2. Manajemen Internet DNS root zone untuk top-level domain
  3. Alokasi penggunaan angka di internet

ICANN mendelegasikan pendaftaran domain kepada registrar. Registrar yang berhasil memenuhi kriteria yang ditetapkan ICANN dapat dilihat di http://www.icann.org/registrar-reports/accredited-list.html.

Tidak semua reseller domain yang menjual domain merupakan registrar dari ICANN. Untuk mengetahui siapa registrar domain anda silahkan mengunjungi http://www.internic.net/whois.html .

Terkait dengan domain negara yang terdiri dari 2 huruf misalnya .id yang berarti Indonesia, ICANN juga bekerjasama dengan organisasi yang dianggap dipercaya di negeri tersebut untuk melakukan manajemen domain negara tersebut.

Terkait informasi domain negara ini dapat dibaca di Resources for Country Code Managers di http://www.icann.org/en/resources/cctlds, sedangkan organisasi yang mendapat pedelegesain dari ICANN dapat di baca di Root Zone Database http://www.iana.org/domains/root/db .

Terkait masalah yang mungkin terjadi dengan domain anda, berikut halaman untuk menangani keluhan domain anda pada halaman Uniform Domain-Name Dispute-Resolution Policy (UDRP) (UDRP) http://www.icann.org/en/help/dndr/udrp .


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?