Cari tutorial

Nameserver

Nameserver adalah sebuah komputer server atau program yang memiliki database domain name dan ip address yang berfungsi untuk menterjemahkan domain name ke ip address, contohnya bowzblackhat.com ada di server 192.168.0.1.

Jadi bisa di katakan NS itu adalah database yang di dalamnya berisi Domain Name dan IP address dari domain. NS juga biasanya memiliki Database Root Domain agar website yang kita simpan di dalam server dapat di akses dari luar tanpa harus mengisikan IP Dns dari sisi client.

NS juga biasa nya memiliki lebih dari 1 server, biasa kia lihat ada ns1 ns2 ns3 dan seterusnya, yang biasa di sebut dengan Clustered DNS/Load Balancing DNS. Seperti yang kita lihat dari gambar di bawah ini.

nameserver

Disini bisa kita lihat, ternyata google memiliki 4 ns yang berbeda, nah terus buat apa memiliki ns lebih dari 1 ? Dalam dunia IT biasa nya ada yang di sebut dengan “Fail Over NS”, I adalah Request NS dari client yang berlebih sehingga Traffic DNS Server penuh, sehingga dapat membuat Komputer NS menjadi down.

Dengan adanya Load Balancing maka apabila ns1 mati maka ns2 akan berindak sebagai backup, sehingga fungsionalitas sebuah server akan tetap berjalan semestinya.


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?