Cari tutorial

WordPress

WordPress adalah salah satu media paling populer untuk membuat website, apakah itu berupa blog pribadi, situs perusahaan (company profile), situs edukasi, bahkan situs penjualan (e-commerce/online shop).

Tetapi, apa sebenarnya wordpress itu? kita akan membahas tentang pengertian wordpress dan keunggulan wordpress dibandingkan CMS lainnya pada tutorial belajar wordpress kali ini.

Dari sekian banyak CMS, kenapa harus menggunakan wordpress? Jawaban paling mudah adalah: wordpress merupakan CMS paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.

Menurut situs http://w3techs.com, dan https://wappalyzer.com, hingga bulan November 2014, dari sekian banyak website yang menggunakan CMS, lebih dari 60%-nya menggunakan wordpress.

WordPress pada dasarnya adalah kumpulan dari ribuan kode program PHP. Ketika pengunjung mengakses web kita, kode program ini akan diproses oleh web server dan kemudian menghasilkan kode HTML untuk dikirim kepada web browser.

Selain menggunakan PHP, wordpress juga menggunakan MySQL sebagai database yang digunakan untuk menyimpan seluruh artikel, komentar, dan data-data lainnya. Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan wordpress di dalam komputer lokal, saya akan menggunakan aplikasi XAMPP (tutorialnya akan kita bahas dalam sesi berikutnya).


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?