Cari tutorial

Panduan Memberikan Login Cpanel kepada Pihak Ketiga, Programmer atau Developer

Hai, Sob! Tahukah kamu, sangat penting loh untuk menjaga keamanan data kamu dalam hosting, termasuk menjaganya dari pihak ketiga yang mengharuskan login ke cPanel kamu. Nah, gimana tuh caranya? Simak terus tutorialnya !

Eits, tapi kenapa sih kita harus banget menjaganya dari pihak ketiga? Ini dia alasannya:

Oke, Sob sekarang kita simak tutorialnya berikut ini:


Memberikan Login cPanel

Saat ini login cPanel tidak disampaikan via email. Hal ini untuk menjaga keamanan informasi login. Login cPanel dapat langsung dilakukan dengan melakukan login melalui member area.

Sedangkan bagi kamu yang perlu memberi login cPanel ke orang lain, maka kamu dapat mengikuti panduan berikut :


STEP 1. Login ke cPanel di Member Area Jagoan Hosting. Kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya seperti pada link berikut ini https://tutorial.jagoanhosting.com/tutorial-cpanel-2/login-ke-cpanel


STEP 2. Kemudian dibagian sidebar General Information terdapat nama user cPanel kamu.

Sidebar General Information


STEP 3. Ketika kamu akan memberikan password cPanel kamu pada pihak ketiga, akan lebih baik jika kamu mereset password untuk keamanan data kamu, Maka dari itu kamu pilih menu drop-down Layanan dan pilih bagian Hosting/VPS.

Layanan > Hosting/VPS


STEP 4. Lalu pilih bagian Active pada ID Superstar.

Activate ID Superstar


STEP 5. Kemudian pilih Change Password pada bagian sidebar Actions.

Change Password > Actions


STEP 6. Setelah itu, kamu isi password baru yang ingin kamu buat dan klik button Save Changes.

Isi password


STEP 7. Sebelum kamu memberitahukan user dan password cPanel kamu, harap dipastikan bagian Single Sign-On di user kamu dalam keadaan mati, agar pihak lain tidak dapat mengambil data penting kamu. Untuk mengetahuinya kamu pilih Security Settings pada akun member area kamu.

Security Settings to Check Single Sign On


STEP 8. Setelah itu pastikan keadaan Single Sign-On kamu dalam keadaan mati.

Single Sign On > Off


STEP 9. Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas, kamu dapat memberitahukan user dan password cPanel kamu pada pihak ketiga yang kamu percayai.


Membuat FTP Account di CPanel

Ketika kamu ingin berkirim dan berbagi file atau data di cPanel, namun kamu atau orang yang kamu percaya bukan pemilik dari cPanel tersebut, maka kamu dapat berbagi data dengan menggunakan apilkasi FTP Client yang dimana membutuhkan akun untuk dapat mengakses suatu cPanel.

Berikut langkah-langkah membuat FTP Accounts yang bisa kamu lakukan:


STEP 1. Pilih bagian FTP Accounts pada cPanel.

FTP Accounts Menu


STEP 2. Kemudian isi nama email Log in dan password untuk membuat akun FTP.

Buart akun FTP


STEP 3. Setelah itu, kamu maupun orang lain dapat mengirim atau berbagai data melalui FTP Client seperti filezilla dengan menggunakan akun tersebut.


Oke, Sob kamu sekarang udah gak perlu khawatir, dalam memberikan login cPanelmu kepada pihak ketiga. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

Cloud Hosting HITS 1GB Gratis Domain .COM! TERMURAH SE INDONESIA CUMA 199Ribuan!

Ambil Sekarang!