Cari tutorial

Tutorial Menambahkan IP di Cpanel untuk Remote MYSQL

Hi Sobat Jagoan! Seperti yang sudah diketahui, bahwa keberadaan CPanel memungkinkan para usernya untuk menambahkan IP address lebih dari 1.

Secara teknis fungsi penambahan IP di CPanel adalah supaya memungkinkan mekanisme Remote MySQL bisa dilakukan. Bagaimana caranya? Kamu bisa simak tutorial berikut ini Sob!

Bagaimana melakukan koneksi ke mysql secara remote? Berikut 2 langkah mudah untuk melakukannya:


Melakukan Whitelist IP

Menyambungkan koneksi ke msql, ada baiknya kita harus melakukan whitelist IP terlebih dahulu. Berikut cara-caranya :

STEP 1 : Login ke cpanel Kamu, kalau belum tahu caranya login ke Cpanel, bisa simak tutorial berikut > Tutorial login ke CPanel di Member Area Jagoanhosting.

remote mysql

Login ke CPanel


STEP 2: klik menu Remote MySQL

Remote mysql

Masuk Menu Remote MySQL


STEP 3 : Kamu akan menemukan tabel berisi list dari semua IP yang diperbolehkan untuk melakukan koneksi ke database mysql Kamu. Kemudian Add Access Host berfungsi untuk menambahkan IP publik anda kedalam tabel. Masukkan IP address anda dan klik Add Host.

Remote Mysql

Menu Add Access Host di Remote MySQL

Bagaimana cara untuk mengetahui IP saya?
Cara yang paling mudah adalah dengan mengakses situs domain lookup semisal who.is atau network-tools.com. IP publik Kamu akan langsung ditampilkan

IP saya selalu berubah. Bagaimana?
Artinya Kamu menggunakan dynamic IP address. Sehingga setiap anda online, atau sekali sejenak IP Kamu akan berubah. Beberapa opsi yang bisa dipergunakan adalahrutin update IP address pada menu remote mysql di dalam cpanel setiap kali IP Kamu berubah (cara paling secure)

 

Melakukan Penambahan IP

Kemudian, tambahkan IP yang sudah kamu whitelist tadi dalam Access Host List. Berikut caranya:

STEP 1 : Kamu harus membuat database dan assign sebuah user ke database tadi. Kamu bisa membuatnya melalui menu MySQL pada halaman home CPanel Kamu. Nah, kalau Kamu belum tahu bagaimana cara membuat databse di CPanel Kamu, bisa masuk ke tutorial berikut > Tutorial Membuat Database di CPanel


STEP 2 : Setelah membuat database, Kamu tinggal memasukkan detil database Kamu sesuai format berikut ke tools yang Kamu gunakan untuk melakukan remote mysql database:

  • Database name = cpanelusername_databasename
  • Database username = cpanelusername_databaseusername
  • MySQL Connection Port = 3306

(Database name dan database username ditampilkan di menu MySQL pada cpanel Kamu.)

Selesai dong, sekarang Kamu sudah bisa mencoba melakukan remote mysql database di Shared Hosting  atau di hosting vps Kamu. Kalau misalkan Kamu masih bingung, suwante. Kamu bisa hubungi teman-teman Jagoanhosting lewat Live Chat ataupun Open Ticket yak!


BACA JUGA ARTIKEL INI SOB!

Leave a Comment





Cloud Hosting HITS 1GB Gratis Domain .COM! TERMURAH SE INDONESIA CUMA 199Ribuan!

Ambil Sekarang!