Cari tutorial

Cara Mengakses SSH Pada Paket Cloud Hosting

Hai Sobat! Saat kamu menjadi member dari Jagoan Hosting, Kamu bisa menggunakan layanan Cloud Hosting Jagoan Hosting, dimana layanan tersebut memiliki fitur SSH pada beberapa paket tertentu. Kamu pun bisa mengakses SSH tersebut, dan berikut beberapa cara penggunaan fitur SSH tersebut:

Berikut Cara Mengakses SSH Lewat Cloud Hosting

Untuk melakukan koneksi ssh silahkan buka aplikasi putty dan kemudian ikuti beberapa langkah di bawah ini:


Step 1. Isilah Hostname dan port sesuai dengan informasi yang diinformasikan melalui email saat hosting aktif. Lalu klik tombol open untuk melakukan koneksi. User dan password yang digunakan adalah user dan password cPanel.

 Mengakses SSH

Tampilan Login Putty


Step 2. Untuk pertama kali melakukan koneksi, kamu akan disuguhi jendela untuk konfirmasi pengaktifan RSA2 fingerkey server pada computer, klik yes untuk melanjutkan.

Mengakses SSH

Tampilan pengaktifan rsa Fingerkey, pilih YES


Step 3. Selanjutnya Kamu akan diminta memasukan username dan password pada aplikasi putty, isikan sesuai username dan password cPanel Kamu. Untuk memudahkan kamu, lakukan copy pada data cPanel yang ada di email, dan lakukan paste pada putty dengan mengklik tombol klik kanan pada mouse.

Catatan: saat Kamu memasukan password pada aplikasi putty, tidak akan muncul karakter apapun pada jendela putty, kita hanya perlu memasukan password yang valid dan diakhiri tombol enter seperti contoh berikut:

Mengakses SSH

Masukkan username dan password pada Putty


Step 4. Saat login telah berhasil, kamu bisa menggunakan perintah linux dengan permission sebagai user cPanel untuk mengelola hosting kamu.

Mengakses SSH

Tampilan saat sudah berhasil

NOTE : Sebagai catatan. SSH pada layanan cloudhosting ini hanya menggunakan permission sebagai user, kamu tidak bisa melakukan instalasi software didalamnya.

Hal yang bisa Kamu lakukan pada SSH di cloud hosting misalnya

  • Melakukan perubahan pada file/folder, misal perubahan permission, membuat atau menghapus file/folder
  • Menggunakan perintah dengan permission sebagai user, misal menggunakan python

Untuk melakukan proses-proses di atas, pastikan bahwa kamu sendiri sudah memiliki Putty ya, Sob. Kalau misalkan belum ada, Kamu bisa menginstallnya secara manual di https://putty.org/


Nah, itu dia, Sob sekarang kamu bisa mengakses SSH pada paket Cloudhosting kamu. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!


KAMU WAJIB BACA JUGA ARTIKEL INI SOB!

Cloud Hosting HITS 1GB Gratis Domain .COM! TERMURAH SE INDONESIA CUMA 199Ribuan!

Ambil Sekarang!