Cari tutorial

Tutorial Setting Timezone Hosting Menggunakan Htaccess

Hai, Sob, kamu suka penasaran gimana caranya setting Timezone Hosting? Kamu bisa menggunakan Htaccess, loh!

Umm, sebenernya Htaccess itu apa sih? Yuk, simak informasinya disini:

Apa itu Htaccess?

Htaccess merupakan ASCII file biasa yang bisa kamu buat melalui text editor seperti notepad atau simple text. Ini akan membantu para webmaster baru dalam memahami file Htaccess. Htaccess adalah file extensi tanpa nama. Ini bukan nama.Htaccess atau halaman yang berakhiran .Htaccess. ini hanya tertulis .Htaccess tanpa nama.

Oke, Sob sekarang kita simak langsung tutorialnya berikut ini:


STEP 1. Pertama, silahkan Login cPanel .

https://tutorial.jagoanhosting.com/tutorial-cpanel/login-ke-cpanel


STEP 2. Pilih menu File Manager pada bagian Files.

File Manager


STEP 2. Buka direktori public_html, disana terdapat file .htaccess.

klik Public html


STEP 3. Ketika kita membuka direktori atau folder public_html dan tidak menemukan file .htaccess, itu berarti file tersebut disembunyikan atau di hidden. Cara menampilkannya dengan menekan button Settings.

Settings Button


STEP 4. Lalu centang bagian Show Hidden Files dan tekan button Save.

Show Hidden Files


STEP 5. Maka akan muncul file .htaccess dan file lain yang tersembunyi. Setelah itu kita klik kanan dan pilih bagian Edit untuk men-setting konfigurasi timezone.

.htaccess

klik kanan > edit


STEP 6. Jika kamu bingung dengan daftar letak timezone, kamu dapat melihat daftar timezone yang sesuai pada link dibawah ini.

http://id1.php.net/manual/en/timezones.asia.php


STEP 7. Ketika pertama membuka link website tersebut kamu akan dihadapkan pada pilihan benua lokasi kamu, sebagai contoh disini memilih Asia sebagai lokasi. Setelah itu, akan dilanjutkan ke negara lokasi yang kamu inginkan untuk menetapkan timezone kamu, disini dicontohkan memilih negara Asia/Jakarta.

Pilih Benua

pilih lokasi negara


STEP 8. Kemudian masukkan code perintah php_value date.timezone ‘namabenua/namanegara’ pada bagian atas skrip file .htaccess kamu, seperti dicontohkan php_value date.timezone ‘Asia/Jakarta’. Setelah itu klik button Save Changes.

masukkan code


STEP 9. Lalu buat file phpinfo.php pada direktori public_html untuk mengecek apakah timezone yang telah kita setting sudah sesuai atau belum dengan menekan button + File.

klik +file


STEP 10. Isi nama file dengan nama phpinfo.php dan pastikan letak direktori file pada /public_html dan klik button Create New File.

klik Create new file


STEP 11. Setelah itu klik Edit pada file phpinfo.php.

Edit File


STEP 12. Masukkan isi script phpinfo seperti pada gambar dibawah ini. Setelah itu klik button Save Changes.

klik button save changes


STEP 13. Kemudian akses file phpinfo kamu dengan memasukkan url nama_domain_website_anda/phpinfo.php.

akses file phpinfo


STEP 14. Lalu klik ctrl+f dan cari data.timezone. Setelah itu pastikan bahwa data.timezone kamu sudah sesuai dengan settingan yang kamu buat sebelumnya.

Cek ulang settingan


Nah, ternyata hanya perlu beberapa konfigurasi kamu sudah berhasil melakukan setting Timezone Hosting kamu, Sob. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!


KAMU WAJIB BACA JUGA ARTIKEL INI SOB!


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?

Cloud Hosting HITS 1GB Gratis Domain .COM! TERMURAH SE INDONESIA CUMA 199Ribuan!

Ambil Sekarang!