Cari tutorial

Tutorial Menambahkan dan Mengatur Produk Baru Toko Online

Halo, Sob! Buat kamu pengguna template toko online shopper atau shopisle yang suka bingung gimana caranya menambahkan dan mengatur produk baru, tutorial kali ini cocok banget buat kamu, Sob, Ikutin yuk!

Eh, tapi sebenernya manfaat apa aja sih kita dapet kalau produk kita diatur dan ditata rapih dalam katalog toko online? Berikut ini informasinya:

Sebelum memulai melakukan pengaturan, pastikan kamu sudah login pada akun WordPress milik kamu, Sob.

Login wp


Menambahkan Produk Baru

Oke, buat kamu semua yang pada penasaran gimana caranya menambahkan produk baru pada Katalog Toko Online kamu, wajib pantengin tutorial berikut ini:


STEP 1. Setelah kamu Login, Silahkan pilih menu Products > Add New

Products > Add New


 STEP 2. Berikut terdapat kolom yang bisa kamu isi mengenai harga, jika ada diskon,kamu juga bisa mencantumkan harga diskonnya. Sedangkan di sidebar menu sebelah kanan terdapat product categories kamu bisa menambahkan kategori produk kamu, products tags. Kamu juga bisa menambahkan product image. Untuk menambahkan product image silahkan klik Set product image > upload files > select files > select product image.

Set product image > Upload files > Select files > Select product image


 STEP 3. Selanjutnya kamu bisa scroll ke bawah, dan kamu bisa menambahkan deskripsi singkat produk kamu di kolom Product Short Description berikut ini:

Product Short Description


STEP 4. Setelah itu silahkan scroll ke atas untuk memberikan nama produk kamu, lalu klik tombol Publish untuk mempublikasi dan menyimpan produk yang sudah kamu tambahkan.

Nama Produk > Publish


STEP 5. YAY! Kamu berhasil menambahkan produk, silahkan cek Katalog Toko Online kamu untuk melihat produk yang sudah kamu tambahkan ya, Sob!


Setting Product Short Description With Image

Nah, kamu bisa melakukan pengaturan deskpripsi singkat pada produk bersamaan dengan fotoatau gambar yang akan kamu cantumkan.


STEP 1. Pilih bagian Products.

Pilih menu Products


STEP 2. Kemudian pilih salah satu product yang ingin kamu ubah gambar dan tambah deskripsi mengenai product tersebut, silahkan klik Edit pada product yang sudah kamu pilih.

Pilih produk > Edit


STEP 3. Scroll kebawah hingga kamu menemukan bagian Product short description, disitu kammu bisa menambahkan  deskripsi produk kamu. Lalu, dibagian sidebar kamu akan menemukan Product image, disana kamu dapat mengganti gambar product kamu, jika sudah selesai kamu dapat scroll kebawah dan tekan button Save Change.

Menambahkan Product Shordt Description dan Image


Menambahkan Kategori/Add Categories

Kamu juga bisa menambahkan kategori pada produk kamu yang sesuai dengan kategori yang dibutuhkan. Ini dia tutorialnya:


STEP 1. Pilih bagian menu Categories pada menu drop-down Product.

Products>Categories


STEP 2. Kemudian isi bagian Name categories dan Slug yang kamu inginkan, keduanya harus diisi dengan nama yang sama dan kamu dapat mengisi deskripsi tentang kategori kamu. Lalu tekan button Add new category.

Add Categories

Categories Description


Menambahkan Tags/Add Tags

Kamu juga bisa menambahkan tag pada produk kamu, Sob. Ini nih tutorialnya:


STEP 1. Pilih bagian Tags pada menu drop-down Product.

Products > Tags


STEP 2. Kemudian isi Name tag yang kamu inginkan dan jika selesai pilih button Add New Tag.

Add New Tag


Menambahkan Harga/Add Price

Harga menjadi hal penting dalam toko online untuk menunjukkan harga atau menambahkan harga pada produk, oleh karena itu kamuwajib ikutin tutorialnya berikut ini:


STEP 1. Pilih bagian Products.

Pilih Products menu


STEP 2. Kemudian pilih salah satu product yang ingin kamu tambahkan hargat, sehingga kamu tekan bagian Quick Edit pada product.

Klik Quick Edit


STEP 3. Lalu isi harga atau price yang kamu inginkan untuk product tersebut dan tekan button Save Change.

Ganti Harga


Related Product

Kamu bisa menambahkan produk yang saling berkaitan, Loh!. Ini dia tutorialnya:


STEP 1. Pilih bagian Products.

Product Menu


STEP 2. Pilih product yang kamu inginkan.

Pilih Produk


STEP 3. Scroll kebawah dan kamu akan menemukan bagian Product data, disana terdapat bagian Linked Products yang akan memasukkan beberapa product lain yang berhubungan dengan product yang sedang kamu atur. Jadi kamu dapat mengisi bagian Upsells dengan beberapa product lain.

Linked Product


STEP 4. Setelah itu pilih button Publish.

Silahkan klik Publish


Oke. Sob itu dia tutorial managing product buat katalog toko online kamu agar lebih maksimal. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!


KAMU WAJIB BACA JUGA ARTIKEL INI SOB!

Cloud Hosting HITS 1GB Gratis Domain .COM! TERMURAH SE INDONESIA CUMA 199Ribuan!

Ambil Sekarang!