Cari tutorial

Tutorial WordPress – Memastikan Keamanan WordPress Anda

Memastikan Keamanan WordPress

WordPress Logo

Hai, Sob! kamu pasti gak asing dengan penggunaan WordPress. Tapi, tahukah kamu, jika WordPress kamu tidak dilakukan pengamanan, akan mudah terserang Hack atau Malware Hack. Wah, kamu pasti nggak mau kan, Sob, jika website kamu terserang hack.

Nah, kira-kira hal apa saja sih yang patut kita pantau keamanannya? Yuk, kita simak informasinya berikut ini:

Lalu bagaimana cara untuk memastikan keamanan WordPress kamu? Berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan:


STEP 1. Pastikan themes/plugin yang Anda gunakan tidak mengandung celah keamanan.

Tahukah kamu, Themes (tema) atau plugin kerap sekali mengandung celah keamanan. Kamu perlu sangat selektif dalam memilihnya. Kamu bisa mengakses http://www.exploit-db.com, link tersebut akan membantu kamu dalam memilih themes dan plugin yang akan digunakan. Nah, di dalam link ini berisi daftar tema atau plugin apa saja yang tidak aman, maka Jangan pilih themes atau plugin yang telah dicantumkan dalam website tersebut.


STEP 2. Pastikan plugin yang kamu gunakan tidak yang membawa badware

Dalam beberapa kasus, domain kamu mengirimkan email spam. Bahkan bisa juga me-redirect kamu ke dalam website tertentu yang berbahaya. Tentunya, hal ini akan mengurangi trust pengunjung kamu. Sebelum kamu menggunakan plugin/themes/module tertentu, cari review lengkapnya dengan melihat komentar penggunanya di internet.


STEP 3. Gunakan framework pada themes kamu

Terbukti beberapa website yang menggunakan framework tersendiri pada themesnya lebih jarang terkena masalah. Memang biasanya penggunaan framework juga disertai biaya lisensi framework.Tapi, membayar untuk menjaga keamanan website kamu sangat worth it, loh. Karena ini salah satu cara pencegahan website kamu dari bahaya hacker atau malware.


STEP 4. Gunakan tools bantuan yang dapat memberi kamu update laporan

Kamu juga bisa menggunakan alat bantu untuk memberikan cek update pada website kamu. Sekarang ini sudah banyak website penyedia bantuan pengecekan, salah satunya ada Google Webmaster Tool yang wajib kamu miliki, untuk melihat rating website kamu. Kamu juga bisa sekaligus melihat rating website yang bisa kamu optimalisasikan, untuk menambah SEO (Search Engine Optimation).

Kamu juga bisa menggunakan website pengecekan lain seperti, secure http://sitecheck.sucuri.net/scanner/.


STEP 5. Berkenalan secara akrab dengan website kamu

Ini hal penting yang biasanya diabaikan. Kemudahan yang kamu dapatkan dengan menggunakan CMS bukan berarti membuat kamu dapat berpangku tangan dan “tidak mau tahu” teknis website kamu. Usahakan untuk selalu explore pengetahuan kamu, Misal update baru, nama-nama file website kamu. Hal ini penting, karena tidak jarang hacker memasukkan backdoor dengan file baru. Jadi kamu akan tahu file mana yang bukan file kamu. Hal ini akan lebih baik jika kamu juga memiliki skill programming meskipun hanya dasar.


Ingat, Sob. Pencegahan akan lebih mudah daripada pengobatan. Jangan sampai kemudahan CMS akan merepotkan kamu dikemudian hari. Kamu perlu tahu tentang apa saja yang harus dilakukan untuk melindungi website kamu dari segala ancaman hacker.


Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

Leave a Comment





Cloud Hosting HITS 1GB Gratis Domain .COM! TERMURAH SE INDONESIA CUMA 199Ribuan!

Ambil Sekarang!